Tugas Grafkom 140203080035

1.   Jelaskan Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Grafika Komputer!
2.   Sebutkan Method-Method Yang Ada Pada Java Yang Digunakan Untuk Menggambar
Serta Fungsi-Fungsinya?
3.  Apakah Ada Perbedaan Antara Algoritma Dasar ,Algoritma DDA dan Algoritma Bresenham pada
Garis Lurus , Jelaskan!
4.  Apa yang Kamu Ketahui tentang Translasi,Scalling,Shearing,rotasi,dan Refleksi pada
Transformasi Objek !
5.   Jelaskan Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Windowing Dan Clipping!
6.   Coba Jelaskan Tentang Viewport!
7.   Sebutkan Perbedaan Grafik Vektor dengan Grafik Bitmap !
8.   Sebutkan Perbedaan Photo dan Gambar !
9.   Sebutkan Elemen-Elemen Dasar Grafika Komputer !
10. Sebutkan Device /Peralatan Selain Komputer dalam Grafika Komputer !
Jawab :
1.Grafika komputer adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari bagaimana “membangun” grafik(gambar) baik2D maupun3D yang kelihatan nyata menggunakan komputer.

•Salah satu bidang grafika computer yang sangat terkenal adalah DesainGrafis.
•Entertainment, misalnya dalam pembuatan film animasi. Terminator II danTitanic merupakan contoh film non animasi yang memanfaatkan efek-efek grafika computer yang sangat canggih.
•Visualisasi Proses, misalnya menggambarkan layout kinerja proses pabrik, atau proses-proses yang dalam modulajar.
•Visualisasi Hasil Penelitian, seperti menggambar grafik performance, grafik perubahan bahkan grafik model hasil simulasi dan implementasi program.
•Bersama-sama dengan image processing digunakan sebagai algoritma identifikasi, seperti yang dilakukan pada kepolisian untuk menggambarkan wajah seseorang secara 3D dan identifikasi seseorang.
•GIS (Geographic Information System)
•Masih banyakyang lainnya.

dikutip dari : http://argabayu-argabayu.blogspot.com/2009/04/pengertian-grafika-komputer.html
2.Method Yang Digunakan Untuk Menggambar Adalah Method Paint, yang merupakan turunan dari Class Graphics. Method-Method yang ada Dan digunakan untuk menggambar, diantaranya :

Drawstring (String, Int X, Int Y)
Fungsinya Adalah Untuk Menulis String Yang Kita Inginkan Pada Koordinat (X,Y).
–  Drawline (Int X1, Int Y1, Int X2, Int Y2)
Fungsinya Adalah Untuk Membuat Garis Dari Titik (X1,Y1) Hingga (X2,Y2).
–  Drawrect (Int X, Int Y, Int Width, Int Height)
Fungsinya Adalah Untuk Membuat Kotak Pada Koordinat Awal (X,Y) Sebagai Titik Pojok Kiri Atas.
–  Drawoval (Int X, Int Y, Int Width, Int Height)
Fungsinya Adalah Untuk Membuat Oval Pada Koordinat Awal (X,Y) Sebagai Titik Pojok Kiri Atas.
3. Kelemahan Algoritma DDA :

– Apabila Nilai X Sama (X1 = X2), Maka Akan Terjadi Division By Zero.
Penggambaran Yang Diawali Dengan Koordinat Yang Lebih Besar Daripada
Setelahnya (X1 > X2). Koordinat Layar Berlaku Seperti Matrix, Artinya Kita Tidak Bisa Secara Sembarang Meletakkan Titik Di Sembarang Tempat, Biasanya Koordinat Selalu Positif Dengan Titik
Kiri Atas Adalah Koordinat 0,0, Ke Arah Kanan Positif, Dan Ke Arah Bawah Positif
(Keduanya Semakin Membesar). Sumbu X Ke Arah Kanan Dan Y Ke Arah Bawah.
Algoritma DDA :

Algoritma DDA

  1. Tentukan 2 buah titik
  2. Tentukan yang menjadi titik awal (X0, Y0) dan titik akhir (X1, Y1)
  3. Hitung Dx dan Dy

Dx = X1 – X0 dan Dy =  Y1 – Y0

4. Bandingkan absolut (Dx) dan absolut (Dy)

Jika absolute (Dx) > absolut (Dy), maka

Steps = absolute (Dx) bila tidak, steps = absolut (Dy)

5. Hitung penambahan koordinat pixel, yaitu:

X_increment=Dx/Steps

Y_increment=Dy/Steps

6.Koordinat selanjutnya yaitu:

X + X_increment

Y + Y_increment

7. Posisi pixel ditentukan dengan pembulatan nilai koordinat tersebut

8. Ulangi langkah 6 dan 7 untuk posisi selanjutnya sampai X = X1, Y= Y1

 

Algoritma Bressenham

  1. Tentukan 2 titik yang akan dihubungkan dalam pembentuk garis.
  2. Tentukan salah satu titik disebelah kiri sebagai titik awal, yaitu (X0, Y0) dan titik lainnya sebagai titik akhir (X1, Y1)
  3. hitung Dx, Dy, 2DX dan 2Dy-2Dy
  4. Hitung parameter P0= 2Dy – 2Dx
  5. Untuk setiap X1 sepanjang jalur garis, dimulai dengan k=0,

–          bila pk<0, makatitik selanjutnya adalah (Xk + 1, Yk) dan Pk+1 = Pk +2Dy

–          bila tidak, maka titik selanjutnya adalah (Xk + 1, Yk +1) dan Pk+1 = Pk +2Dy – 2Dx

6. Ulangi langkah no. 5 untuk menentukan posisi selanjutnya, sampai X=X1 dan Y=Y1

 

4. Pengertian :

·         Translasi : transformasi yang memindahkan objek dengan bentuk yang sama (tidak mengalami perubahan).
·         Scalling : perubahan ukuran suatu objek dengan mengalikan objek tersebut dengan matriks scalling .
·         Shearing : bentuk transformasi yang membuat distorsi bentuk dari objek tersebut.
·         Rotasi : suatu objek yang diputar bisa searah jarum jam atau berlawanan jarum jam.
·         Refleksi : suatu objek yang dicerminkan ,bisa pada sumbu x atau pada sumbu y.
5.Windowing Adalah : Sebuah Area Pada Korodinat Dunia Yang Dipilih Untuk Ditampilkan Pada Alat Display Dan  Clipping Adalah Objek-Objek Yang Dipilih Untuk Ditampilkan (Objek Yang Berada Dalam Area Window Saja)
6.  Viewport Adalah : Sebuah Area Pada Alat Display Yang Merupakan Hasil Pemetaan Dari Window
7. Perbedaan Grafik Vektor Sudah Tidak Bisa Diedit Lagi Bila Kita Zoom Gambar Tersebut Tidak Pecah-Pecah Satuan Pixel Nya Tapi Kalo Grafik Bitmap Masih Bisa Diedit Dan Kalo Kita Zoom Gambar Nya Akan Pecah-Pecah Yang Terdiri Dari Satuan-Satuan Pixelnya.
8. photo ya berarti gambar yang dihasilkan dari semua jenis kamera.
photo berarti bagian dari gambar, bukan sebaliknya.
gambar adalah suatu media untuk jiplakan dari benda mati ato hidup juga pemandangan sebagai bahan kreasi ato memory dari seseorang. photo adalah gambar dan gambar terbuat dari photo.
9. Elemen-Elemen Dasar Grafika Komputer :

·      Kecerahan (Brightness)
–  Kecerahan : intensitas cahaya rata-rata dari suatu area yang  melingkupinya.
·      Kontras (Contrast)
–  Kontras : sebaran terang (lightness) dan gelap (darkness) di dalam sebuah citra.
– Citra dengan kontras rendah komposisi citranya sebagian besar terang atau
sebagian besar gelap.
– Citra dengan kontras yang baik, komposisi gelap dan terangnya tersebar merata.
·      Kontur (Contour)
– Kontur : keadaan yang ditimbulkan oleh perubahan intensitas pada pixel-pixel tetangga, sehingga kita dapat mendeteksi tepi objek di dalam citra.
·      Warna (Color)
– Warna : persepsi yang dirasakan oleh sistem visual manusia terhadap panjang gelombang cahaya  yang dipantulkan oleh objek.
– Warna-warna yang dapat ditangkap oleh mata manusia merupakan kombinasi cahaya dengan panjang berbeda. Kombinasi yang memberikan rentang warna paling lebar adalah red (R), green(G) dan blue (B).
·      Bentuk (Shape)
– Bentuk : properti intrinsik dari objek tiga dimensi, dengan pengertian bahwa bentuk merupakan properti intrinsik utama untuk visual manusia. Umumnya citra yang dibentuk oleh manusia merupakan 2D, sedangkan objek yang dilihat adalah 3D
·      Tekstur (Texture)
–     Tekstur : distribusi spasial dari derajat keabuan di dalam sekumpulan pixel-pixel yang bertetangga.
10. Peralatan-Peralatan yang dibutuhkan :

·         Softaware Pendukung ,Seperti Pengolah Gambar
·         Brainware ,Seperti orang yang Paham dengan penggunaan Software tersebut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: